Kalau berbicara Malang Raya rasanya masih banyak tempat wisata yang harus di eksplorasi. nah kali ini Lingkar malang akan buatin artikel sumber mata air yang bisa buat ngademin badan dan ada juga sumber yang bisa buat ngangetin badan karena memang sumber air panas.

Sumber Taman

Sumber Instagram (@huget_junian)
Sumber Instagram (@huget_junian)

Sumber yang terletak di Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang ini, merupakan sumber lawas yang sudah menjadi wana wisata mulai dari jaman baheula. Dulunya sumber taman merupakan tempat camping favorit anak pramuka, disamping sumbernya yang memang bisa buat berenang disamping kolam sumber tersebut juga ada lapangan yang bisa berfungsi untuk mendirikan tenda.

Sumber Maron

Sumber Instagram (@o_varysa)
Sumber Instagram (@o_varysa)

Sumber Maron merupakan wana wisata baru yang ada di dekat sumber taman. Sumber maron ini dulunya hanya di jadikan sebagai sumber mata air yang di fungsikan oleh PDAM. Setelah beberapa lama sumber ini difungsikan juga untuk wana wisata seperti sumber lainnya. Di sumber maron ini juga ada air terjun kecil yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain untuk berenang disini anda juga bisa menyewa ban dalam untuk tubing menyusuri sungai yang berada di bawah kolam sumber maron.

Sumber Jenon

@ayuningharum
Sumber Instagram (@ayuningharum)

Sumber ini kalo menurut lingkar malang adalah sumber yang unik. Jika kita menuju sumber jenon akan merasakan suhu yang lumayan panas. Karna sumber ini terletak di dataran rendah yang jauh dari kata dingin. Namun sumber yang berlokasi di Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang ini memiliki air yang dinginnya minta ampun. Nah inilah keunikan yang dimiliki sumber jenon. Konon katanya sumber ini bersumber dari mata air yang mengalir langsung dari gunung dan mengalir dari sungai bawah tanah yang terletak di bawah sumber tersebut. Disini pengunjung dapat ber- snorkeling dengan peralatan yang dibawa dari rumah tentunya.

Sumber Sirah

Sumber Instagram (@devid_scum)
Sumber Instagram (@devid_scum)

Sumber Sirah merupakan sumber yang paling tersembunyi dari sumber yang lain. Meskipun letaknya tersembunyi sumber ini tidak akan membuat anda kecewa. Sumber yang terletak di Desa Sumber Jaya Kecamatan Gondanglegi ini memiliki keunikan taman di bawah air yang tanamannya masih hidup. Terbukti dari warna daun yang terletak di dasar kolam sumber tersebut yang masih hijau. Di sini merupakan spot yang sangat tepat untuk foto underwater. Jadi kalau anda merupakan pecandu foto underwater sumber satu ini wajib untuk anda kunjungi.

Sumber Krabyakan

Sumber Instagram (@rendriy)
Sumber Instagram (@rendriy)

Sumber yang terletak di Desa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang ini merupakan sumber yang sangat asri. Sumber ini memiliki 2 kolam, kolam pertama untuk orang dewasa dan kolam kedua untuk kolam bermain anak. Selain untuk berenang di sumber ini para pengunjung juga dapat mencoba terapi ikan yang ada di sumber ini.

Cangar

Sumber Instagram (@faisal_alfaeru)
Sumber Instagram (@faisal_alfaeru)

Mungkin ini adalah sumber yang paling terkenal dari yang lain. Sumber air panas Cangar ini merupakan jujukan Bagi warga luar Malang yang ingin berendam air panas di tengah dinginnya kota batu. Cangar ini terletak di kaki gunung arjuno tepatnya di desa bumiaji kecamatan batu kota batu. Baru-baru ini cangar dirombak sedemikian rupa sehingga fasilitas untuk pengunjung sudah mulai nyaman dan lengkap. Mulai kamar mandi, tempat bilas dan fasilitas lainnya yang lumrah untuk dimiliki sebuah pemandian.