LINGKARMALANG – Malang merupakan kota terbesar ke 2 yang ada di Jawa Timur. Beberapa penyebabnya antara lain semakin banyaknya tempat wisata dan ada pula berbagai universitas populer yang menjadi penyokong perekonomian warga Malang sendiri. Setiap warga luar Malang (Malang Kota, Malang Kabupaten, dan Batu) jika pernah berdomisili di Malang pasti membawa kenangan tentang Malang ke daerahnya masing-masing. Berikut 4 hal yang terkenal dan menjadi ciri khas malang.

Apel Malang

Identitas apel seharusnya di sematkan kepada Kota Wisata Batu. Karena sebenarnya sejarah terkenalnya apel malang adalah dari Kota Batu. Namun dahulu Kota Batu belum menjadi wilaayah administratif pemerintahan tersendiri dan masih tergabung dengan Kabupaten Malang. Maka dari itu yang terkenal sekarang bukannya apel Batu melainkan apel Malang.

Topeng Malang

Salah satu cerita legendaris yang sudah menjadi hiburan warga Malang yaitu Topeng MMalangan Topeng malangan sendiri sebenarnya sebuah tarian yang memiliki skenario drama. Drama tersebut menceritakan tentang panji asmoro bangun dan Dewi Sekartaji. Konon katanya sudah berkembang pada saat Kerajaan Kanjuruhan.

Tempe Malang

 

Ibarat sudah menjadi pasangan serasi jika buah tangan yang dibawa untuk sanak famili dari Malang adalah kripik tempe dan apel. Entah berawal dari mana lambat laun nama tempe malangpun menjadi salah satu jenis tempe yang di jual di luar malang. Beberapa pasar dan mall pun tak ragu menjajakan tempe mentah yang tentunya dibuat diluar Malang dengan nama Tempe Malang.

Bakso Malang

Adanya yang menyebut Bakso Malang ini dibalik seperti halnya Bahasa Malang dengan nama oskab. Di beberapa tempat di luar malang kedai-kedai bakso tanpa ragu memberikan nama bakso malang pada dagangannya. Tak ayal memang hal tersebut dilakukan agar pengunjung tau bahwa bakso yang dijajakan tersebut bukan bakso yang berasal dari daerah lain seperti solo.